Writing is how I express what I see, what I do, what I read and what I feel.

1.2.15

Kegiatan Akuntansi (Tahap - Tahap dalam Akuntansi)

1.2.15 Posted by Agnes Devita , 30 comments
Setelah mempelajari tentang dasar akuntansi, yaitu Persamaan Dasar Akuntansi, mari kita berlanjut ke bahasan yang selanjutnya; kegiatan akuntansi atau tahap tahap yang dilakukan dalam akuntansi.
Dalam akuntansi, terdapat 4 kegiatan. Apa saja itu ?

1. Pencatatan (Recording)
Apa yang perlu dicatat ?
Dalam tahap ini, transaksi keuangan perusahaan yang terjadi perlu dicatat dalam bukti transaksi. Contohnya : nota, kuitansi, cek dan lain-lain). Bukti transaksi tersebut dicatat ke dalam buku harian atau jurnal yang tersedia pada perusahaan dengan cermat dan kronologis.
Contoh: transaksi penjualan secara tunai dicatat ke dalam bukti transaksi yaitu nota.
  




 


2. Penggolongan (Classifying)
Apa yang perlu digolongkan ?
Dalam tahap ini, setelah transaksi yang terjadi dicatat dalam bukti transaksi, maka langkah selanjutnya menggolongkan transaksi tersebut ke dalam akun buku besar.

Contoh : transaksi penjualan secara tunai dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas, dan digolonggakan ke akun buku besar kas.


3. Peringkasan (Summarizing)
Apa yang perlu diringkas?
Setelah melakukan tahap pencatatan dan penggolongan, maka selanjutnya melakukan tahap peringkasan. Yaitu, meringkas transaksi keuangan yang telah digolongkan dalam akun buku besar ke dalam neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, menutup buku besar, neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.

Contoh neraca saldo (Trial Balance)
Yang namanya neraca saldo itu yang bagaimana sih ?
Neraca saldo adalah kumpulan dari saldo-saldo yang ada pada setiap perkiraan di buku besar.



Contoh jurnal penyesuaian (Adjusting Journal)
Lalu yang dimaksud dengan jurnal penyesuaian ?
Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat secara berkala pada akhir tahun atau akhir periode akuntansi. Dalam jurnal penyesuaian ini dilakukan kegiatan penyesuaian antara catatan dan kenyataan.




Contoh jurnal penutup (Closing Journal)
Apa yang dimaksud dengan jurnal penutup ?
Jurnal penutup adalah jurnal yang digunakan untuk menutup (membuat saldonya menjadi 0). Akun yang ditutup dalam jurnal ini adalah akun-akun nominal yaitu pendapatan dan beban. Jurnal penutup dibuat pada akhir periode




Contoh neraca saldo setelah penutupan 
dipergunakan untuk mengecek kembali pencatatan yang akan dilakukan pada periode berikutnya,

 
 Contoh jurnal pembalik (Reversing Journal) 
Apa itu jurnal pembalik ?
Jurnal pembalik ini adalah jurnal yang mempunyai fungsi untuk membalikkan jurnal penyesuaian dan untuk membuat saldonya jadi kembali seperti semula. Jurnal ini dibuat pada awal periode. Dan jurnal pembalik ini bersifat opsional atau tidak wajib dibuat seperti jurnal sebelumnya; jurnal penutup  





4. Pelaporan (Reporting)
Apa yang perlu laporkan ?
Setelah semua tahap dilakukan, maka yang harus dilakukan adalah pelaporan. Pelaporan yang dimaksud yaitu berupa laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan laba ditahan (PT), neraca, laporan perubahan modal/ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Contoh laporan laba rugi (income statement)
Yang dinamakan laporan laba rugi adalah suatu laporan mengenai perhitungan hasil yang telah dicapai oleh suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Laporan laba rugi ini, menggambarkan perubahan pendapatan dan beban selama periode tertentu. Dalam laporan laba rugi terdapat 5 unsur yaitu :
 1. Pendapatan Usaha 
 2. Beban Usaha
 3. Pendapatan di Luar Usaha
 4. Beban di Luar Usaha
 5. Laba/Rugi Bersih


Contoh laporan laba ditahan (retained earning)
Laporan laba ditahan sebenarnya sama dengan laporan perubahan modal, namun yang membedakan adalah dari jenis perusahaan. Jika laporan perubahan modal berlaku untuk perusahaan perseorangan, CV atau firma. Sedangkan laporan laba ditahan berlaku untuk perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

 
Contoh neraca
Neraca adalah suatu daftar yang disusun secara sistematis untuk menyajikan keadaan atau posisi keuangan pada suatu saat tertentu dengan cara menginformasikan keadaan Harta (aktiva), Utang (Pasiva), dan Modal (Ekuitas).



Contoh laporan perubahan modal/ekuitas (owner's capital statement)
Laporan perubahan modal/ekuitas adalah suatu laporan yang menyajikan informasi tentang perubahan modal perusahaan. Laporan perubahan modal ini berlaku jika perusahaan berbentuk perusahaan perseorangan, CV, atau Firma.


Contoh laporan arus kas (cash flow statement)
Laporan arus kas adalah laporan yang memberikan informasi mengenai perubahan kas, berupa penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode akuntansi. Laporan arus kas berguna bagi para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas, serta penggunaan kebutuhan arus kas perusahaan. 



Semoga dapat menambah ilmu kalian semua, semoga bermanfaat ☺☺
 
 
Reaksi:

30 komentar:

  1. Pas banget gan .. kemaren ane ketinggalan pelajaran ini :D
    Thanks Infonya gan :D

    BalasHapus
  2. Hihi cukup rumit.. Untung tkj gk ada akuntansi :D
    Tpi gk ppa mnambah wawasan.. Ty gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha tkj juga nggak kalah rumit xD

      Hapus
  3. jujur dah ane pusing kalo masalah beginian ! tapi ga papa dah ! betul kata denis itung itung nambah wawasan

    BalasHapus
  4. buat anak TI juga lmayan masuk logika nya soalnya maen itung itungan kaya gini kalau buat program/software penjualan :)

    BalasHapus
  5. mantep gan. Ane juga suka dalam memanejemen data-dada kayak gitu. ini bisa jadi bahan referensi ane gan. terimakasih.....

    BalasHapus
  6. Rumit juga yaa :D
    Tp bermanfaat banget postnya... makasih deh :D

    BalasHapus
  7. ini pelajran yang harus menguras otak banget
    salah dikit salah semua


    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iya bener. bikin pusing sendiri

      Hapus
  8. Thanks...sangat bermnfaat sekali....

    BalasHapus
  9. pas banget nih saat ini ane proses pembelajaran materi itu, ijin pelajari mbak.

    BalasHapus
  10. ane cuma nyimak aja nh gan.....kunjungan malam gan
    ditunggu kunbal'a

    BalasHapus
  11. makasih y kak infony, jdi mkin ngerti nih mngenai akuntansi.

    BalasHapus
  12. Keren ga artikelnya sangat bermanfaat :)
    by : Ziwipedia

    BalasHapus
  13. Wah saya minat ke IPA heheheeehe. Tapi ya nambah nambah ilmu lah

    BalasHapus
  14. Belum ngerti :D Maklum masih smp, tapi saya simpen di word aja deh siapa tau nantinya berguna :)

    BalasHapus
  15. keren nih mbak, nambah2in ilmu saya

    BalasHapus
  16. tnks ya mbk.. bener" bantu saya ngerjain tugas...

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Makasihh bgt mbk.... 😊😊😊

    BalasHapus
  19. Makasihh bgt mbk.... 😊😊😊

    BalasHapus
  20. Makasih ya buat ini. ...sangat membantu 😊😊😊

    BalasHapus
  21. Terima kasih penjelasannya ...

    BalasHapus
  22. Pas banget sama keadaan nih, btw makasih mbak izin dipelajari

    BalasHapus

thank you for your comment and reading this post :)