Writing is how I express what I see, what I do, what I read and what I feel.

27.1.15

Soal Persamaan Dasar Akuntansi (Lanjutan)

27.1.15 Posted by Agnes Devita , 43 comments
Disini saya akan melanjutkan dari post sebelumnya ya, yaitu contoh soal dari persamaan dasar akuntansi.

Pada tanggal 2 November 2014, Ny. Linda memutuskan untuk mendirikan usaha Beauty Salon.
Ny. Linda belum terdaftar sebagai WaPa (Wajib Pajak) dan PKP (Pengusaha Kena Pajak). Transaksi terjadi selama bulan November 2014 adalah sebagai berikut : 


Diminta :
Susunlah Persamaan Dasar Akuntansi dengan membuka akun :
Kas, Piutang Dagang, Sewa dibayar di muka, Perlengkapan, Peralatan, Akumulasi Penyusutan Peralatan, Utang Dagang, Modal Ny. Linda.

Pembahasan dari transaksi diatas : 
2 November 2014
Ny. Linda menginvestasikan uangnya ke usahanya sebesar Rp 50.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu, Akun kas bertambah Rp 50.000.000, akun modal pula bertambah Rp 50.000.000
4 November2014
Dibayar sewa kantor selama 2 tahun sebesar Rp 25.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu,
Akun kas berkurang Rp 25.000.000, akun sewa dibayar di muka bertambah Rp 25.000.000
kas berkurang karena digunakan untuk membayar sewa, dan sewanya bertambah.
5 November 2014
Dibeli peralatan Rp 21.000.000; Dibayar Rp 10.000.000 sisanya dibayar  sebulan kemudian.
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu,
Akun kas berkurang Rp 10.000.000 karena hanya membayar sebesar itu. Lalu akun peralatan bertambah Rp 21.000.000. Kemudian, utang dagang bertambah Rp 11.000.000, karena hanya membayar sebagian dari jumlah sebenarnya.
 8 November 2014
Dibeli perlengkapan Rp 3.250.000; Dibayar Rp 1.000.000 sisanya dibayar  dua minggu lagi.
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu,
Akun kas berkurang Rp 1.000.000, akun perlengkapan bertambah Rp 3.250.000, dan Akun utang dagang bertambah Rp 2.250.000 karena telah dikurangi Rp 1.000.000 yang dibayar tunai. 
10 November 2014
   Jumlah pendapatan sampai hari ini yang diterima tunai Rp 3.500.000; sedangkan yang masih berupa 
   tagihan Rp 2.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas bertambah Rp 3.500.000 (segala yang berbentuk tunai, akan masuk pada akun kas), akun piutang dagang bertambah Rp 2.000.000, kemudian akun pendapatan bertambah Rp 5.500.000
12 November 2014
Dibayar utang atas pembelian peralatan pada tanggal 5 November yang  lalu sebesar Rp 3.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 3.000.000, akun utang dagang juga berkurang  Rp 3.000.000
15 November 2014
Diterima tagihan dari debitur sebesar Rp 1.500.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu,
Akun kas bertambah Rp 1.500.000, dan akun piutang dagang berkurang Rp 1.500.000 
17 November 2014
Dibayar utang atas pembelian perlengkapan pada tanggal 8 November  yang lalu sebesar Rp 1.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 1.000.000, dan akun utang dagang berkurang Rp 1.000.000 
20 November 2014
Ny. Linda mengambil untuk keperluan pribadi sebesar Rp 2.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 2.000.000, begitu pula dengan akun modal Ny. Linda berkurang Rp 2.000.000 
 22 November 2014
Dibayar iklan di harian Kompas Rp 350.000, untuk terbit minggu ini.
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 350.000, akun  Modal Ny. Linda berkurang pula Rp 350.000
25 November 2014
   Jumlah pendapatan sejak tanggal 11 November sampai hari ini diterima tunai Rp 8.250.000; sedangkan 
   masih berupa tagihan Rp 2.000.000.
    Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas bertambah Rp 8.250.000, kemudian akun piutang dagang bertambah Rp 2.000.000, dan akun pendapatan bertambah Rp 10.250.000
26 November 2014
Dibayar gaji karyawan Rp 3.000.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 3.000.000, dan akun modal berkurang Rp 3.000.000
28 November 2014
Dibayar utang atas pembelian peralatan tanggal 5 November yang lalu  sebesar Rp 2.500.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas berkurang Rp 2.500.000, dan akun utang berkurang Rp 2.500.000
29 November 2014
Jumlah pendapatan tunai dari tanggal 26 November sampai hari ini  sebesar Rp 5.250.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun kas bertambah Rp 5.250.000, dan akun pendapatan bertambah Rp 5.250.000
30 November 2014
 a. Perlengkapan yang masih ada di gudang Rp 1.500.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun perlengkapan berkurang Rp 1.750.000 (karena yang diinginkan adalah sisa di gudang Rp 1.500.000, oleh karena itu nominalnya diisi dengan selisih saldo perlengkapan dikurangi Rp 1.500.000, agar pada akhir periode Perlengkapan yang masih ada Rp 1.500.000), dan akun modal Ny. Linda berkurang Rp 1.750.000 
 b. Penyusutan peralatan untuk bulan ini ditetapkan Rp 300.000
Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
Akun akumulasi penyusutan peralatan berkurang Rp 300.000, dan akun modal Ny. Linda berkurang Rp 300.000 
 c. Beban sewa untuk bulan ini sebesar Rp 1.500.000
 Pengaruh yang terjadi atas transaksi ini yaitu
 Akun sewa dibayar di muka berkurang Rp 1.500.000, dan akun modal Ny Linda berkurang Rp 1.500.000
 
Sehingga didapat Persamaan Dasar Akuntansi sebagai berikut :





Jika kurang jelas, silahkan di zoom

Semoga soal ini dapat membantu kalian yang masih belum jelas tentang persamaan dasar akuntansi ☺☺
    Reaksi:

    43 komentar:

    1. ini soal apaan ya mbak?
      kayaknya sulit sekali dibanding mata kuliah sistem informasi sy d sem.3 skrg haha
      -keep blogging-

      BalasHapus
      Balasan
      1. haha segitunya. ini mah baru dasarnya.

        Hapus
      2. haha iya ga ngudeng sy mbak..
        emg kuliah jrusan apa? ekonomi?

        Hapus
      3. masalahnya gini mas, saya belum lulus sekolah :|

        Hapus
    2. ane bookmark aja deh siapa tau entar ke kapake :v

      BalasHapus
      Balasan
      1. semoga bermanfaat ya.
        thank you gan sudah visit xD

        Hapus
    3. haduh belum saya masih kelas 10. HIHI tapi nice post teh

      BalasHapus
    4. Hahaha, saya jadi teringat masa-masa SMA :D

      BalasHapus
    5. weh mantap, Akuntansi wehee :D
      request about probability and stastistic dong :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. ilmu saya belum sampe situ mas, semoga bisa belajar ilmunya di waktu yang tepat =))

        terimakasih sudah mampir

        Hapus
    6. Ini soal rasanya hampir mirip, sama soal MID sya di semester 3 kemrin :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. anak akuntansi juga ? atau manajemen ? :D

        Hapus
    7. ekuitas ya itu masihan?share dong tentang rekonsiliasi bank karena itu terkadang sulit dipahami ,apalagi PA II

      BalasHapus
      Balasan
      1. makasih untuk saran postingan selanjutnya, kapan kapan di posting tentang rekonsiliasi bank nya :)

        Hapus
    8. itu yang tanggal 30 bagian a kan perlengkapan yg masih ada 1.500.000, terus knp berubah jadi 1.750.000?

      BalasHapus
    9. Itu kn perlengkapan yg tersisa, jadi , brpa pun perlengkapan yang ada secara keseluruhan, kalau sdh diketahui perlengkapan yg tersisa maka brpa pun pengarangnya supaya hasilnya harus sama dengan perlengkapan yg tersisa tersebut.
      Misal ada 5 perlengkapan , nah di kemudian hari ternyata perlengkapan yg tersisa tingal 2, so. Supaya hasilnya 2 maka 5-3 sama dg 2. Lain lagi kalau blm diketahui perlengkapan yg tersisa melainkan yg terpakai .so lgsg dikurangkan saja. Misal. Ad 5 perlengkapan diketahui yg terpakai ada 3 so. perlengkapan yg tersisa adlh 5-3 = 2 , smga bermanfaat.

      BalasHapus
      Balasan
      1. terimakasih kak sudah membantu menjawab ^^
        bermanfaat sekali

        Hapus
    10. kak, kalau mau dibuat laporan laba-rugi apakah transaksi 4 november itu di jadikan beban sewa ??? jelas kan dong kak

      BalasHapus
      Balasan
      1. transaksi tgl 4 itu sewa dibayar dimuka kk, kalau beban sewa utk transaksi tgl 30

        Hapus
      2. yang dicantumkan dalam laporan laba rugi untuk beban sewa nya itu yg tanggal 30, tanggal 4 nya tidak termasuk karena itu sewa dibayar dimuka, bukan beban.
        btw, terimakasih kakak anon yang sudah membantu menjawab ^^

        Hapus
    11. maaf saya kurang paham tentang beban sewa? mengapa dikurangkan, apakah karena sudah dibayar kan 2 tahun jadi terjadi discont

      BalasHapus
      Balasan
      1. dalam soal tersebut, pada tanggal 4 november salon sudah membayar sewa tempat selama 2 tahun sebesar 25.000.000. berlanjut ke tanggal 30 november, dimana terdapat beban sewa yaitu 1.500.000, maksudnya nominal itu adalah besarnya sewa pemakaian per bulan. jadi bukan discount.

        Hapus
      2. Jumlah total semuanya berapa ya???

        Hapus
      3. sudah tercantum di bagian paling bawah kak. silahkan diperiksa kembali.
        semoga bermanfaat, terimakasih sudah mampir ^^

        Hapus
    12. wiss mantap soalnya sama cuma beda nomernya doang ,like good nice......

      BalasHapus
      Balasan
      1. hihi terimakasih sudah mampir di blog saya :)))

        Hapus
    13. Kak, kalau sewa dibayar dimuka, kas berkurang, sewa dibayar dimuka bertambah, modal berpengaruh atau engga? Disini tdk berpengaruh, tp di consol lain ada yg berpengaruh? Mohon dijawab ya ka. Trims.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai. maaf banget baru respon pertanyaan kamu ya.
        Untuk berpengaruh atau tidaknya sewa dibayar dimuka terhadap modal, jawabannya tidak.
        Sewa dibayar di muka nanti berpengaruh dengan neraca karena bertambah di pasiva nya.
        Semoga bisa membantu. terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk mampir ^^

        Hapus
    14. Kaka gk lanjutin tentang Income statement, Capital Statement dan Balance sheet?? Hehehe. Biar lebih paham aja tentang PDA

      BalasHapus
      Balasan
      1. maaf baru respon pertanyaannya.
        hihi insyaAllah ya ini sedang mengumpulkan semangat untuk ngeblog lagi tentang akuntansi.
        btw thanks untuk sarannya ya. ^^

        Hapus
    15. Kak bagaimana kalau soalnya perwakilan dari sebuah perusahaan besar menelepon fredly dan mengatakan bahwa perusahaan tersebut berniat mengalihkan urusan akuntansinya kepada fredly.
      Lalu bagaimana format persamaan akuntansinya ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai. Maaf ya banget baru sempat respon pertanyaannya.
        Maaf kak, yang dimaksud fredly disini siapa ya? Mohon dibantu untuk contoh lebih jelasnya, seperti transaksi atau kasusnya.

        Hapus
    16. Wah lumayan buat tugas kuliah

      BalasHapus
      Balasan
      1. semoga bermanfaat ya. terimakasih sudah mampir ^^

        Hapus
    17. Kenapa modal ikut berpengaruh atas pembayaran gaji pegawai?
      Tolong dibales y
      #informasinya bagus bermanfaat bgt

      BalasHapus
      Balasan
      1. terimakasih atas pertanyaannya ^_^
        pembayaran gaji termasuk dalam beban, apabila transaksi terdapat akun beban (beban sewa, gaji, dll) akan otomatis akan berpengaruh pada modal, yaitu berkurang.
        simplenya, jika beban bertambah, maka modal berkurang.
        semoga membantu. apabila kurang jelas, bisa ditanyakan kembali :)
        Terimakasih sudah mampir :)

        Hapus
    18. kalo Asuransi di bayar dimuka itu masuknya di kolom apa ya dalam persamaan dasar akuntansi?

      BalasHapus
      Balasan
      1. kasusnya sama seperti sewa di bayar di muka, tinggal di kolom harta tambahkan akun lagi yaitu "asuransi di bayar di muka". dan berkurang pada modal juga.
        semoga membantu, terimakasih sudah mampir ^^

        Hapus
    19. kak,makasih banyak kak,, :)
      tolong aku nanti kak,minta NO WA nya kakak,biar aku mau request lagi..
      WA aku kak: 081254613355
      bantuin aku kak.. :(

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hi Kak! pertanyaannya bisa langsung disampaikan disini ya ^^

        Hapus
    20. Kak ,kalo misalnya bayar sewa ditempat 500 ribu. Itu nama akunnya dipda ,kas berkurang 500,sewa ddm bertambah 500?

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya, bisa dilihat kembali pada transaksi tgl 4 November :)
        semoga bermanfaat, terimakasih sudah mampir ^^

        Hapus

    thank you for your comment and reading this post :)